Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menaker Sebut Jenis Pekerjaan Baru Lebih Banyak yang Hilang daripada Pekerjaan Lama

Foto : Muhamad Ma'rup

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, dalam Pembekalan Tenaga Kerja Sukarela Pendamping Tenaga Kerja Mandiri Pemula, di Jakarta, Rabu (11/10).

A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menyebut pekerjaan baru yang muncul lebih banyak yang hilang daripada pekerjaan lamag. Menurutnya, hilangnya beberapa pekerjaan akibat dari disrupsi ekonomi digital.

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menyebut pekerjaan baru yang muncul lebih banyak yang hilang daripada pekerjaan lamag. Menurutnya, hilangnya beberapa pekerjaan akibat dari disrupsi ekonomi digital.

"Kita juga cukup optimistis juga karena muncul jenis-jenis pekerjaan baru yang lebih banyak daripada jenis-jenis pekerjaan yang hilang," ujar Ida, dalam Pembekalan Tenaga Kerja Sukarela Pendamping Tenaga Kerja Mandiri Pemula, di Jakarta, Rabu (11/10).

Dia menilai, jenis pekerjaan yang baru ini tidak bisa begitu saja diserap karena jenis pekerjaan baru membutuhkan skill dan kompetensi. Jika tidak diantisipasi, maka akan berpengaruh terhadap tingginya pengangguran.

"Sebagai contoh, banyak pekerjaan-pekerjaan lama di sektor perbankan yang akan hilang. Kalau tidak segera kita mitigasi akan muncul pengangguran baru yang sebelumnya kita tidak bayangkan karena dengan kemajuan teknologi memunculkan pengangguran," jelasnya.

Urgensi Wirausaha
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top