Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kanada Sebut Tiongkok Punya Peran Menjaga Keamanan Laut Merah

Foto : CNA/REUTERS/Valentyn Ogirenko

Menlu Kanada Melanie Joly berbicara dalam konferensi pers bersama Menlu Ukraina Dmytro Kuleba, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kyiv, 2 Februari 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

OTTAWA - Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly, Minggu (18/2), mengatakan, Tiongkok harus berperan dalam menjaga keamanan Laut Merah karena kapal-kapal Tiongkok juga berisiko di sana. Ia mendesak Beijing untuk berhenti membantu Rusia menghindari sanksi internasional.

Dalam sebuah wawancara, Joly mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dalam pertemuan bilateral pada hari Sabtu bahwa Beijing perlu "membantu mempengaruhi Houthi agar Laut Merah tetap terbuka."

"Ini demi kepentingan Tiongkok sebagai eksportir," kata Joly kepada Reuters melalui telepon pada hari terakhir Konferensi Keamanan Munich.

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman telah melancarkan serangkaian serangan di Laut Merah terhadap kapal-kapal komersial, termasuk kapal tanker minyak M/T Pollux yang menurut para pejabat AS terkena rudal pada hari Jumat.

Serangan tersebut, yang menurut kelompok Houthi bertujuan untuk mendukung warga Palestina di Gaza, telah meningkatkan biaya pengiriman dan asuransi dengan mengganggu jalur perdagangan utama antara Asia dan Eropa yang banyak digunakan oleh kapal-kapal dari Tiongkok. AS dan Inggris sama-sama mendesak Tiongkok untuk melakukan intervensi melalui Iran untuk mengendalikan serangan tersebut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top