Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Ibu Kota Slovenia Ciptakan Komunitas Energi Bangun Fotovoltaik untuk Gedung Publik

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Slovenia menjadi salah satu negara di dunia yang turut menggencarkan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT). Kota Ljubljana, ibu kota Slovenia, membentuk kemitraan publik-swasta untuk pembangunan 51 unit fotovoltaik pada bangunan publik. Ini adalah proyek tenaga surya komunitas terbesar di negara ini.

Dilansir dari Balkan Green Energy News, Resalta dan Energetika Ljubljana menjalin kemitraan publik-swasta dengan Kota Ljubljana untuk pemasangan 5 MW kapasitas puncak tenaga surya dengan estimasi produksi tahunan sebesar 5,2 GW. Pemerintah setempat mengungkapkan bahwa proyek energi hijau ini senilai 5 juta Euro.

Kedua perusahaan ini akan mengoperasikan dan memelihara unit-unit fotovoltaik di atap rumah. Kesepakatan ini adalah untuk 51 sistem tenaga surya, di mana 47 di antaranya direncanakan untuk digabungkan ke dalam sebuah komunitas energi di lembaga-lembaga publik ibu kota. Ini akan menjadi yang terbesar dari jenisnya di Slovenia.

Kontrak konsesi ditandatangani selama 17 tahun, setelah itu pembangkit listrik tenaga surya kecil akan menjadi milik kota. Perjanjian ini adalah untuk mekanisme penagihan bersih, yang memungkinkan kelebihan energi dari satu bulan untuk digunakan ketika produksi lebih rendah dari konsumsi, demikian bunyi pengumuman tersebut.

Pemerintah kota menunjukkan bahwa kesepakatan ini mencegah kemungkinan kerugian ketika harga pasar berubah menjadi negatif. Hal ini biasanya terjadi di musim panas pada saat sinar matahari yang kuat dan tak terduga atau berkepanjangan.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top