Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sejarah Yunani

Hilangnya Tulisan Tandai Zaman Kegelapan

Foto : AFP / MINISTRY OF CULTURE
A   A   A   Pengaturan Font

Peradaban Yunani yang gemilang pernah mengalami keruntuhan sepanjang 12.000 SM hingga 8.000 SM. Pada periode setelah runtuhnya peradaban  Mycenaean  itu, tidak ditemukan adanya peninggalan tulisan, terjadi penurunan produksi pertanian, dan populasi, sehingga disebut Zaman Kegelapan.

Peradaban Yunani yang gemilang pernah mengalami keruntuhan sepanjang 12.000 SM hingga 8.000 SM. Pada periode setelah runtuhnya peradaban Mycenaeanitu, tidak ditemukan adanya peninggalan tulisan, terjadi penurunan produksi pertanian, dan populasi, sehingga disebut Zaman Kegelapan.

Zaman kegelapan dalam peradaban barat bukan hanya terjadi pada abad pertengahan antara abad ke-5 hingga ke-14. Pada era 1200 hingga 800 sebelum masehi (SM) di Yunani pernah terjadi abad kegelapan.

Abad kegelapan Yunani mulai terjadi setelah runtuhnya zaman perunggu ketika peradaban mycenaean jatuh dan sistem penulisan linear B hilang. Tidak ada catatan tertulis kontemporer mengenai era tersebut sehingga disebut gelap.

Pada masa peradaban Mycenaean (1700-1100 SM) dan peradaban Minoan sebelumnya (2000-1450 SM) keduanya membangun istana-istana besar di pusat-pusat kota termasuk Tiryns, Pylos, Mycenae, dan Minoan Knossos. Mereka mengatur perdagangan dan mendukung juru tulis yang membuat akun dan mencatat perkembangan kebudayaan.

Bangsa Mycenean lalu menggantikan bangsa Minoa sebagai kekuatan utama di Mediterania. Ketika dua peradaban itu runtuh, kelas atas yang melek huruf lenyap bersama dengan sistem sosio-ekonomi yang mereka ciptakan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top