Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Gawat Kalau Sampai Terjadi Lonjakan Korona, Bantul Siap Lakukan Pelacakan Jika Kasus Covid-19 Meningkat

Foto : ANTARA/Hery Sidik

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

A   A   A   Pengaturan Font

Semua warga harus tetap disiplin prokes untuk mencegah lonjakan korona, Bantul siap lakukan pelacakan jika kasus Covid-19 meningkat.

Bantul - Gawat kalau sampai terjadi lonjakan korona. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta siap melakukan pelacakan jika kasus penularan Covid-19 di wilayahnya meningkat selama libur Lebaran.

"Skrining kita tidak melakukan pada pemudik. Jadi, kita nanti sifatnya situasional, kalau memang terjadi satu adanya kasus yang cukup besar, teman-teman di puskesmas siap melakukan pelacakan kasus," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Tri Widiyantara di Bantul, Selasa.

Ia mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan, pelacakan, dan penanganan kasus akan dilakukan oleh petugas kesehatan dipuskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan yang lain ketika ada temuan kasus baru Covid-19.

"Memang tidak ada instruksi khusus bahwa harus melakukan skrining, tetapi kita sifatnya situasional, nanti menyesuaikan dengan perkembangan yang ada saat ini. Dan memang untuk Covid-19 saat ini di Bantul juga ada peningkatan di beberapa waktu terakhir," katanya.

Dia mengatakan bahwa angka kasus aktif Covid-19 di Bantul bertambah delapan orang dalam sehari terakhir.

"Rumah Sakit Saras Adiyatmasaat ini juga merawat beberapa pasien yang mengalami Covid-19. Jadi, situasi memang ada peningkatan di beberapa hari terakhir," katanya.

"Ini yang juga memang perlu kita waspadai," kata dia.

Agus mengimbau warga selama libur Lebaran tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19, termasuk menggunakan masker saat berada di tempat umum.

"Bagi masyarakat yang mungkin ada gejala batuk-batuk pilek seperti influenza, mohon juga tetap selalu menggunakan masker di manapun berada untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19," katanya.

Dia juga meminta warga yang positif terserangCovid-19 tetap melaksanakan isolasi mandiri meskipun tidak mengalami gejala sakit.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top