Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Sejarah Bangsa

Dikalahkan Dinasti Goguryeo

Foto : Wikipedia
A   A   A   Pengaturan Font

Keberadaan Kerajaan Silla Bersatu yang berjasa menyatukan Semenanjung Korea akhirnya runtuh juga.

Keberadaan Kerajaan Silla Bersatu yang berjasa menyatukan Semenanjung Korea akhirnya runtuh juga. Kerajaan ini berhasil menguasai Semenanjung Korea selama tiga abad setelah berkuasa dari 668 hingga 935 masehi (M), namun kemudian mengalami kemunduran.

Kerajaan Silla Bersatu diganti oleh pesaingnya dari Dinasti Goguryeo (Koguryo). Seperti Silla, Goryeo juga menggabungkan Tiga Kerajaan Akhir Korea dengan menguasai Silla dan menumbangkan Kerajaan Baekje Akhir (Hubaekje) pada 935.

Baca Juga :
Hilangnya Megafauna

Mengapa Kerajaan Silla bersatu jatuh? Kemunduran Silla secara perlahan sejak abad ke-8 M, sebagian besar disebabkan oleh kekakuan struktur kelasnya. Hal ini didasarkan pada sistem peringkat, klasifikasi sosial yang ketat atas hak dan kewajiban yang ditentukan oleh kelahiran seseorang, yang terus berlaku seperti di Kerajaan Silla lama.

Pemerintahan Kerajaan Silla Bersatu sepenuhnya mendominasi cara kerja aristokrasi dan administrasi negara. Kurangnya kesempatan untuk naik ke atas kelas kelahiran seseorang, tidak hanya menyebabkan stagnasi ide dan inovasi. Pada kondisi ini kaum aristokrasi juga mulai membenci kekuasaan raja. Di ujung lain tangga sosial, kaum tani semakin merasa kesal dengan gencarnya pajak yang dipungut atas mereka.

Selain itu, bangsawan pemilik tanah lokal (songju) menjadi semakin sulit dikendalikan dari Gyeongju. Negara menjadi berantakan dari dalam. Dua individu akan menimbulkan masalah khusus bagi raja Silla. One Gyeon Hwon, seorang pemimpin petani, memanfaatkan kerusuhan politik pada 892 M dan membangun kembali Kerajaan Baekje lama di bagian barat daya semenanjung.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top