Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Bursa Karbon Dapat Perbaiki Kinerja Lingkungan Perusahaan Plus Lindungi Hutan, Caranya?

Foto : The Conversation/Shutterstock

Ilustrasi hutan.

A   A   A   Pengaturan Font

Adanya bursa karbon di Indonesia akan berkorelasi dengan tata ruang dan kawasan hutan yang berpotensi menjadi bagian dari proyek penurunan emisi karbon.

Putu Sukma Kurniawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Isu mengenai emisi karbon semakin mendapat perhatian dalam operasi bisnis di Indonesia. Ini terlihat dari hadirnya bursa karbon di tanah air sejak 26 September 2023.

Eksisnya bursa karbon dapat dilihat sebagai keseriusan pemerintah mencapai target nol emisi pada 2060, dengan secara langsung melibatkan organisasi-organisasi bisnis di dalamnya. Tak hanya itu, secara ekonomi, potensi ekonomi dari perdagangan karbon diperkirakan mencapai Rp 8.488 triliun.

Terlepas dari nilai finansial yang dapat diperoleh, adanya bursa karbon di Indonesia harus dilihat dengan perspektif yang lebih luas. Kehadiran bursa karbon ini pun menjadi jembatan antara konteks ekonomi dan konteks lingkungan.

Namun, kerumitan mekanisme di dalam bursa karbon memerlukan pemahaman dari pihak manajemen organisasi. Masih banyak manajemen dari perusahaan yang belum memahami mengenai mekanisme di bursa karbon di Indonesia dan manfaatnya bagi perusahaan mereka.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top