Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pengembangan Inovasi | BPS Jadi Tuan Rumah Regional Hub "Big Data" dan Data Sains

“Big Data" Aspek Penting Pengembangan Teknologi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia memiliki potensi besar mendapatkan banyak ragam big data dari berbagai sektor mengingat populasi masyarakat beragam dan juga dinamis.

JAKARTA - Penggunaan big data seharusnya diarahkan untuk memperkuat pengembangan inovasi di Tanah Air. Hal itu diharapkan dapat membantu menentukan arah kebijakan dari pemerintah.

"Jadi ini sangat penting bagi Indonesia, tidak hanya berbicara kontribusi internasional, tetapi dalam domestik pun kita akan jauh lebih kuat di dalam mengembangkan berbagai inovasi," kata Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Imam Machdi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Baca Juga :
Ekspor Turun

Imam mengatakan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah regional hub big data dan data sains atau Regional Hub on Big Data and Data Science diharapkan dapat mengembangkan data statistik di Indonesia. Menurut Imam, big data itu sangat penting karena data itu ada di mana-mana, baik di pemerintahan, swasta, masyarakat, maupun internet.

"Sehingga ini merupakan sumber data yang dapat dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan statistik. Statistik ini merupakan alat untuk mengambil kebijakan, menentukan kebijakan, dan juga dalam implementasi kebijakan itu," ujar Imam.

Dengan demikian, lanjut Imam, adanya big data akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia dan juga pemerintah. Untuk itu, dengan kepercayaan yang begitu tinggi dari internasional dengan menjadikan BPS sebagai tuan rumah regional hub big data dan data sains, maka akan mengakselerasi pemanfaatan big data dan juga pengembangan data sains.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail, Antara

Komentar

Komentar
()

Top