Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

AS dan Inggris Serang Houthi untuk Lemahkan Milisi di Yaman

Foto : istimewa

Pasukan AS dan Inggris bersama-sama menargetkan Houthi untuk ketiga kalinya setelah serangan berulang kali terhadap kapal-kapal Laut Merah.

A   A   A   Pengaturan Font

SANAA - Amerika Serikat (AS) dan Inggris melakukan serangan udara terhadap pemberontak Yaman pada hari Sabtu (3/2) menghantam 36 target Houthi di 13 lokasi di Yaman sebagai tanggapan atas serangan berkelanjutan Houthi terhadap pelayaran internasional dan komersial serta kapal angkatan laut yang transit di Laut Merah. Demikian pernyataan AS, Inggris, dan negara-negara lain yang memberikan dukungan untuk operasi tersebut.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk lebih mengganggu dan menurunkan serta melemahkan kemampuan milisi Houthi yang didukung Iran "dalam melakukan serangan sembrono dan mengganggu stabilitas".

Kelompok Houthi di Yaman, pada Minggu (4/2), mengatakan, serangan udara AS dan Inggris tidak akan menghalangi mereka, dan berjanji akan memberikan tanggapan setelah puluhan sasaran diserang sebagai pembalasan atas serangan berulang kali di Laut Merah oleh pemberontak dukungan Iran tersebut.

Dikutip dariRadio France Internationale (RFI), serangan udara gabungan AS dan Inggris di Yaman pada Sabtu malam, yang dikecam oleh Iran.

Ini adalah ketiga kalinya pasukan Inggris dan AS bersama-sama menargetkan kelompok Houthi, yang serangannya sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza yang dilanda perang telah mengganggu perdagangan global.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top