Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

1.157 UMKM Jakpreneur Ikut Pembinaan Dinsos DKI pada 2023

Foto : ANTARA/Siti Nurhaliza

Kegiatan bazar yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) JakPreneur di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta memfasilitasi 1.157 pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tergabung di dalam wadah Jakarta Entrepreneur (Jakpreneur) untuk mengikuti program pembinaan sepanjang tahun 2023.

"Program pembinaan itu meliputi bantuan perizinan, perluasan pasar, dan pelaporan keuangan," kata Kepala Dinsos DKI Jakarta Premi Lasari di Jakarta, Jumat (5/1).

Premi menyebutpelaku UMKM binaan tersebut sudahmengikuti pelatihan maupun sosialisasi melalui sinergi dengan berbagaipemangku kepentingan(stakeholders) mulai dari tata boga, laporan keuangan, cara membangun citra produk (branding and brand building), foto produk, desain kemasan, hingga pemasaran digital (digital marketing).

Lalu, anggotaJakpreneur yang sudah memiliki usaha akan dilakukan kurasiagar bisa meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, dan memiliki legalitas seperti izin usaha mikro dan kecil (IUMK), sertifikat halal, izin edar, hak merek dan pangan industri rumah tangga atau PIRT (sektor kuliner).

Selain itu, Premi menjelaskan Dinsos DKI Jakarta memfasilitasi binaan dengan menggelar bazar yang dilakukan secara periodik untuk mendorong pemasaran produk Jakpreneur. Suku Dinas Sosial di setiap wilayah juga mempromosikan produk Jakpreneur kepada komunitas, asosiasi, dan pemangku kepentingan untuk diikutsertakan pada setiap acara.

"Kami juga mendorong UMKM binaan Jakpreneuruntuk ikut sistem e-order DKI Jakarta yang bisa membantu memasarkan produk mereka. Untuk tahun 2023, sudah ada 32 binaan yang produknya masuk pada e-order. Semoga tahun depan terus bertambah dan produk mereka bisa lebih dikenal dan laris di pasaran," ujar Premi.


Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top