Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tiongkok, Jepang, dan Korsel Berupaya TIngkatkan Kerja Sama Trilateral

Foto : Kyodo

(Kiri ke kanan) Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Park Jin dan diplomat top Tiongkok Wang Yi berpose untuk foto menjelang pembicaraan di Busan, Korea Selatan, pada 26 November 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Tiongkok, dan Jepang bertemu di Korea Selatan pada Minggu (26/11). Ketiganya berupaya memulai kembali kerja sama dan membuka jalan bagi pertemuan puncak trilateral.

Beijing, Seoul, dan Tokyo telah menyepakati pertemuan puncak tahunan sejak 2008 untuk meningkatkan pertukaran diplomatik dan ekonomi. Namun pertikaian dua arah dan pandemi Covid-19 mengganggu rencana tersebut. Ketiga pemimpin terakhir bertemu pada 2019.

Ketiga diplomat tinggi tersebut bertemu di Busan, Korea Selatan, untuk pertemuan pertama mereka sejak 2019, setelah para pejabat ketiga negara sepakat pada September lalu untuk segera mengatur pertemuan puncak trilateral.

Ketiga menteri tidak merinci jangka waktu penyelenggaraan KTT trilateral tersebut.

Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mungkin tidak dapat bertemu tahun ini. Namun pertemuan puncak mereka kemungkinan besar akan diadakan dalam waktu dekat, kata penasihat keamanan nasional Korea Selatan Cho Tae-yong kepada Yonhap News TV.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top