Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Teknologi Satelit Optik Tangani Pencemaran Laut dari Angkasa

Foto : The Conversation/Shutterstock/Nmedia

Ilustrasi satelit.

A   A   A   Pengaturan Font

Dengan memberikan data aktual mengenai kondisi laut dalam wilayah yang luas, teknologi ini memungkinkan deteksi pencemaran secara aktual.

Pingkan Mayestika Afgatiani, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN); Anisa Rarasati, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Argo Suhadha, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Pencemaran laut di Indonesia telah menjadi ancaman serius terhadap ekosistem dan mata pencaharian nelayan, salah satu contohnya adalah kasus Teluk Buyat di Sulawesi Utara yang tercemar oleh merkuri dan arsen.

Untuk mengatasi tantangan luasnya perairan Indonesia, teknologi pengindraan jauh melalui satelit optik menjadi solusi. Dengan memberikan data aktual mengenai kondisi laut dalam wilayah yang luas, teknologi ini memungkinkan deteksi pencemaran secara aktual, seperti mendeteksi kualitas air dan sampah laut, yang esensial untuk langkah-langkah konservasi.

Bekerja layaknya kamera

Satelit optik memiliki cara kerja yang mirip dengan kamera saku atau pun kamera ponsel yang sering kita gunakan sehari-hari.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top