Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pengembangan SDM I Para Teknisi AI Harus Memiliki 17 Skill

RI Harus Ambil Langkah Taktis Kejar Ketertinggalan Pengembangan AI

Foto : ISTIMEWA

ROBOT PEMBAWA BERITA DENGAN TEKNOLOGI AI I Kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua, pada 2019 lalu telah melakukan terobosan dengan menghadirkan robot yang didukung teknologi kecerdasan buatan (AI), untuk membawakan acara berita. Robot berbentuk layaknya manusia itu meniru ekspresi wajah dan tingkah laku humanis untuk menyiarkan berita.

A   A   A   Pengaturan Font

» Pengembangan AI di Indonesia menghadapi satu ancaman utama yakni tren menuju penutupan akses riset AI.

» Implementasi AI harus dimulai di internal Pemerintah agar bisa memangkas belanja pegawai dan rantai perizinan.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan Nota Keuangan di Jakarta pekan lalu mengatakan cepat atau lambat perkembangan digitalisasi dan Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan bakal semakin penting dan mendominasi kehidupan perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

Sebab itu, Pemerintah dan masyarakat diingatkan mengadopsi teknologi tersebut agar bisa mendapat manfaat yang maksimal.

"Adopsi teknologi dalam perekonomian dapat memberikan manfaat yang signifikan apabila dihadapi dengan strategi yang tepat. Pembangunan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur fisik dan nonfisik terkait teknologi informasi terus ditingkatkan," kata Presiden.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top