Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pendidikan Tinggi

PPG Dorong Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

PPG Dorong Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa

MEDAN - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mendorong para mahasiswanya untuk merancang pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Hal ini dirasakan salah seorang mahasiswa PPG Pra Jabatan di UMSU, Ilham Ruser ketika menerima mata kuliah PPG di UMSU.

Ilham menerangkan, dalam mata kuliah Filosofi Pendidikan, terdapat materi pembelajaran sesuai filosofi Ki Hajar Dewantara terkait kodrat alam dan kodrat zaman. Kedua dimensi pembelajaran tersebut penting untuk mendidik karakter siswa.

"Kodrat alam adalah bakat siswa, sedangkan kodrat zaman harus dikuasai guru untuk merancang pembelajaran sesuai zamannya siswa. Jadi ketika guru sudah tau maunya apa, sesuai tuntutan zaman, jadi bisa mengeksplorasi pembelajarannya," ujar Ilham, dalam rangkaian Press Tour, di Medan, Rabu (29/11).

Dia menambahkan, mata kuliah lainnya yang berkesan adalah asesmen pendidikan. Untuk mata kuliah tersebut, Ilham memadukannya dengan penelitian untuk menerapkan pembelajaran berbasis budaya yang ada di lingkungan siswa.

Sebagai informasi, PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan. Dengan demikian, mereka dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top