Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Perkuat Kerja Sama, Menlu RI Tekankan Pentingnya Kolaborasi di Asean Atasi Perdagangan Orang

Foto : ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberikan sambutan secara virtual di sela Konferensi Regional Asean terkait TPPO di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (7/11/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Kuta - Perkuat kerja sama, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor di Asean untuk bersama mengatasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) karena merupakan kejahatan lintas negara.

"Kerja sama internasional harus ditingkatkan dalam partisipasi multi-sektor. Saat ini tidak ada satu pun negara bisa menangani sendiri kejahatan lintas negara tersebut," kata Menlu Retno Marsudi secara virtual di sela Konferensi Regional Asean terkait TPPO di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Menurut dia, kolaborasi perlu dikencangkan terlebih sindikat TPPO memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang disalahgunakan dalam merekrut para korban.

Untuk itu, semua pihak termasuk Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Asean melalui konferensi yang diselenggarakan Komnas HAM RI itu bisa berkontribusi mencegah dan mengawal perlindungan HAM khususnya para korban TPPO.

Sementara itu, Menlu Retno kembali menegaskan Asean terus memperkuat upaya dalam memerangi TPPO melalui komitmen pemimpin Asia Tenggara yang mengadopsi tiga dokumen penting saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 Asean di Labuan Bajo, NTT.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top