Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sektor Manufaktur

Penerapan Industri Hijau Pacu Daya Saing

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong penerapan industri hijau karena trennya makin meningkat. Implementasi industri hijau menunjukkan industri nasional makin berdaya saing.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, guna lebih memacu performa industri manufaktur nasional, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pentingnya menjaga sektor industri untuk tetap berpegang pada prinsip industri hijau yang berfokus pada efisiensi dan efektivitas sumber daya, fungsi lingkungan, dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Konsistensi dengan prinsip-prinsip ini tidak hanya akan memajukan sektor industri, tetapi juga bisa menjamin kesehatan lingkungan dan kesejahteraan sosial untuk generasi mendatang," ujarnya di Jakarta, Jumat (1/12).

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor industri pengolahan tumbuh 5,20 persen secara tahunan (yoy) pada triwulan III-2023, yang melampaui pertumbuhan ekonomi sebesar 4,94 persen pada periode sama. Artinya, sektor manufaktur di tanah air masih bergeliat di tengah kondisi ekonomi global yang belum stabil.

Menperin tegaskan kebijakan pengembangan industri saat ini sudah berada pada jalur yang benar atau on the right track. Termasuk dalam hal mendorong industri hijau.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top