Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Komoditas Hortikultura

Pemerintah Jaga Pasokan Cabai

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah mengingatkan harga cabai yang dinikmati petani tidak dimanfaatkan para cukong. Adapun Kementerian Pertanian (Kementan) terus menjaga agar pasokan dari petani Champion tetap stabil agar tidak harga di pasar tetap stabil.

"Kementan terus menjaga stabilitas agar harga cabai yang dinikmati petani tidak dimanfaatkan para cukong dan pedagang nakal sehingga membuat harga cabai di konsumen melonjak tinggi. Kebijakan tersebut diantaranya tetap menjaga pasokan dari para petani Champion Cabai," tegas Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto di Jakarta, akhir pekan lalu.

Adapun Champion ini adalah mitra strategis pemerintah dalam menjaga stabilisasi ketersediaan pasokan, baik lokal maupun nasional. Kurang lebih selama dua pekan ini, sejak 31 Oktober 2023, Champion Cabai telah menambah pasokan cabai ke wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan cukup besar ke sejumlah wilayah yang mengalami fluktuasi harga. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat stabilisasi dan ketersediaan pasokan cabai di masyarakat.

Prihasto menambahkan, para petani yang tergabung dalam Champion Cabai juga menambah pasokan ke Pasar Induk Keramat Jati (PIKJ) sebanyak 28 ton dan dijual dengan harga lebih murah yakni sekitar 5.000 rupiah dari rata-rata harga pasar. "Peran champion yang bekerjasama dengan Guyup Rukun-PIKJ ini terbukti mampu menahan lonjakan harga drastis yang kerap terjadi di PIKJ di bulan-bulan shortage," katanya.

Prihasto mengatakan kenaikan harga saat ini disebabkan karena cuaca ekstrem atau musim kering El Nino yang berlangsung lama sejak awal 2023. Akibatnya, petani tak bisa menanam karena kekurangan air.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top