Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Transisi Energi

Pemerintah Diminta Ciptakan Iklim Investasi di EBT yang Kondusif

Foto : Sumber: Climate Transparency - KORAN JAKARTA/ONES
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah menyatakan Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan atau Just Energy Transitions Partnership (JETP) akan membatasi emisi sektor ketenagalistrikan Indonesia sebesar 290 juta ton (megaton) setara karbon dioksida (CO2e) pada 2030.

Dalam World Bank Event: Climate Change and Indonesia's Future: An Intergenerational Dialogue di Jakarta, Senin (27/11), Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani, mengatakan komitmen pendanaan yang disepakati dalam pernyataan bersama di kemitraan JETP senilai 20 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan 330 triliun rupiah.

Kesepakatan JETP sendiri terjalin antara Indonesia dengan negara-negara maju yang tergabung dalam International Partners Group (IPG) di bawah komando Amerika Serikat (AS) dan Jepang dan beranggotakan Denmark, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Norwegia, Perancis, dan Uni Eropa.

"Tujuannya adalah memastikan Indonesia bisa capping (membatasi) jumlah produksi CO2e di 290 megaton atau lebih rendah dari 357 megaton CO2e yang merupakan baseline value kita," kata Menkeu.

Selain membatasi jumlah produksi CO2e, kemitraan tersebut utamanya bertujuan untuk mempercepat pemanfaatan pembangkit listrik energi terbarukan hingga mencapai 34 persen dari seluruh pembangkit listrik pada 2030.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top