Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Antisipasi Perkembangan Iptek

Paus Fransiskus Peringatkan Risiko Buruk dari Kecerdasan Buatan

Foto : FILIPPO MONTEFORTE/AFP

Pemimpin Umat Katolik se-Dunia, Paus Fransiskus

A   A   A   Pengaturan Font

VATIKAN - Paus Fransiskus, pada Rabu (24/1), memperingatkan bahaya buruk dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), setelah mengakui bahwa ia adalah korban foto palsu AI dan memperbarui seruan agar peraturan di seluruh dunia memanfaatkan inovasi tersebut demi kebaikan bersama.

Dikutip dari The Straits Times, kekhawatiran dan harapan Paus terhadap AI disampaikan dalam pesannya pada Hari Komunikasi Sosial Sedunia Gereja Katolik Roma, yang akan diperingati di seluruh dunia pada tanggal 12 Mei.

Meskipun ia mendesak masyarakat untuk sementara waktu mengesampingkan prediksi bencana dan dampaknya yang mematikan terhadap hal-hal baru, pesan tiga halamannya sebagian besar berisi pesan yang menakutkan, memperingatkan polusi kognitif yang dapat memutarbalikkan kenyataan, mempromosikan narasi palsu dan memenjarakan orang-orang dalam ruang gaung ideologis.

"Kita perlu memikirkan masalah disinformasi dalam bentuk berita palsu yang sudah lama ada, yang saat ini bisa terjadi. Deepfakes yaitu penciptaan dan penyebaran gambar yang tampak masuk akal, namun keliru. Saya juga menjadi sasarannya," tulis Paus Fransiskus.

Rupanya yang dimaksud adalah foto palsu dirinya yang menjadi viral di media sosial tahun lalu. Gambar tersebut menggambarkan dia mengenakan mantel puffer putih sepanjang mata kaki yang dibuat oleh seseorang yang menggunakan program penghasil gambar.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top