Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Suplai Energi

Pasokan Listrik ke Industri Smelter dijamin Aman

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong dunia industri untuk meningkatkan nilai tambah melalui hilirisasi mineral. Hal itu ditandai dengan jaminan pasokan listrik dari PLN terhadap industri smelter

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengungkapkan hilirisasi memegang peranan utama dalam mendukung transisi energi. Terlebih lagi, Indonesia memiliki keunggulan dalam sumber daya alam berupa cadangan mineral yang besar, sehingga bisa dijadikan modal untuk pengembangan energi bersih menggantikan energi fosil.

"Mineral ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan lainnya. Selain itu berguna untuk pembuatan kabel transmisi dan distribusi, hingga baterai kendaraan listrik," ujarnya di Jakarta, pekan lalu.

Untuk itu, Agus menyebut fasilitas pemurnian atau smelter perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah dan seluruh stakeholder agar hilirisasi dapat berjalan baik. Dengan kata lain, kolaborasi dan sinergisitas yang berkelanjutan akan menentukan arah hilirisasi mineral nantinya.

Baca Juga :
Pasokan Listrik Aman

"Salah satu dukungan yang diperlukan adalah ketersediaan tenaga listrik untuk smelter. Dengan pasokan listrik yang andal, maka diharapkan smelter akan memproduksi turunan mineral sesuai dengan target yang telah ditetapkan," tuturnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top