Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Oman Siap Tambah 4 GW Energi Terbarukan 2029 Mendatang

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Nama Power and Water Procurement Co (PWP), satu-satunya pembeli listrik dari pembangkit listrik independen di Oman, akan mencari pengembang untuk proyek-proyek tenaga surya dan bayu yang direncanakan untuk menambah kapasitas sekitar 3 GW pada tahun 2029 sebagai tambahan dari gigawatt yang telah ditetapkan.

Negara Arab ini memiliki pembangkit listrik tenaga surya 500 MW dan pembangkit listrik tenaga bayu 49,9 MW yang telah beroperasi dan awal tahun ini telah memberikan proyek pembangkit listrik tenaga surya Manah I dan Manah II dengan kapasitas gabungan 1.000 MW kepada para pengembang. Kedua lokasi ini akan terhubung ke jaringan listrik pada tahun 2025.

Beberapa pembangkit listrik tenaga surya, angin, dan limbah menjadi energi baru direncanakan untuk dibangun dalam beberapa tahun ke depan karena permintaan listrik di Kesultanan diperkirakan akan meningkat, demikian menurut Pernyataan 7 Tahun 2023 - 2029 PWP yang baru-baru ini diterbitkan.

PWP, yang sebelumnya dikenal sebagai Oman Power and Water Procurement Company (OPWP), berencana untuk menerbitkan permintaan kualifikasi untuk proyek pembangkit listrik tenaga surya 500 MW Ibri III pada kuartal ketiga tahun 2023, dengan target dimulainya operasi komersial pada kuartal terakhir tahun 2026.

Proyek tenaga surya 500 MW lainnya, yang dijuluki MIS Solar IPP, direncanakan untuk dikembangkan di wilayah Al Wusta dan mulai beroperasi pada tahun 2027. Namun, PWP mencatat bahwa lokasi dan kapasitas proyek ini dapat diubah.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top