Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penguatan Riset

Obat Murah Dapat Kurangi Setengah Risiko TBC Resisten

Foto : PUNIT PARANJPE / AFP

Seorang dokter memeriksa rontgen yang didiagnosis mengidap TBC, di Mumbai, baru baru ini. Peneliti mengumumkan pil antibiotik yang murah dan tersedia secara luas mengurangi risiko terpapar tuberkulosis.

A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Para peneliti, pada Kamis (16/11), mengumumkan pil antibiotik yang murah dan tersedia secara luas mengurangi separuh risiko orang yang terpapar tuberkulosis (TBC) yang resistan terhadap berbagai obat atau multidrug-resistant tuberculosis (MDR-TB).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), TBC adalah penyakit menular paling mematikan kedua, dengan angka kematian yang terpaut sedikit dibandingkan Covid-19 tahun lalu.

Dikutip dari Barron, setiap tahun diperkirakan 450.000 orang terjangkit MDR-TB, yang tidak lagi dapat dilawan oleh obat-obatan yang ada.

Hanya dua dari lima orang dengan MDR-TB yang memiliki akses terhadap pengobatan pada tahun lalu, hal ini sebagian karena penyakit ini lebih banyak menyerang masyarakat di negara-negara berkembang.

"Namun, antibiotik levofloxacin yang tersedia secara umum terbukti aman mengurangi risiko anak-anak terkena MDR-TB sebesar 56 persen," kata penelitian terbaru yang berbasis di Afrika Selatan, yang dipresentasikan pada Union World Conference on Lung Health di Paris.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top