Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Krisis Semenanjung Korea

Korut Ancaman Aliansi AS-Korsel

Foto : AFP/US AIR FORCE/Clayton WEAR

Misil ICBM AS | Misil balistik antarbenua Minuteman III milik Angkatan Udara AS diluncurkan dari Pangkalan AU Vandenberg di California pada Februari 2020 lalu. Pada Selasa (31/10) lalu, AS melakukan uji peluncuran misil Minuteman III, namun uji coba tersebut mengalami kegagalan. 

A   A   A   Pengaturan Font

Korut mengeluarkan ancaman nuklir atas aliansi luar angkasa AS-Korsel. Peringatan ini muncul setelah kegagalan uji coba misil Angkatan Udara AS.

SEOUL - Korea Utara (Korut) mengeluarkan ancaman baru untuk menggunakan senjata nuklir terhadap Amerika Serikat (AS), dan menyebut kolaborasi keamanan antara AS dan Korea Selatan (Korsel) sebagai tindakan maniak perang.

"Spektrum ancaman nuklir AS, baik strategis maupun taktis, tidak akan mengubah respons militer kami dan kami akan merespons nuklir dengan nuklir," lapor kantor berita KCNA pada Jumat (3/11).

"Kekuatan militer Korut siap melaksanakan amanat konstitusi untuk menjaga kedaulatan nasional, integritas wilayah, serta hak dan kepentingan rakyat. Dalam menghadapi setiap provokasi militer, sikap Korut jelas yaitu untuk memberikan tindakan balasan segera, tegas, dan tegas terhadap tindakan para maniak perang tersebut," imbuh kantor berita Korut itu.

Laporan itu muncul ketika Angkatan Udara AS melakukan uji peluncuran misil balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California pada Selasa (31/10) lalu. Namun uji coba tersebut tidak berjalan sesuai rencana dan misil tersebut sengaja dihancurkan di tengah penerbangan setelah terdeteksi adanya anomali.

Peluncuran tersebut dihadiri oleh delegasi Korsel, termasuk Heo Tae-keun, kepala kebijakan pertahanan di Kementerian Pertahanan Nasional Korsel. Ini adalah pertama kalinya dalam tujuh tahun pejabat Korsel hadir pada uji coba ICBM AS, yang menandakan semakin dalamnya hubungan keamanan antara kedua negara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top