Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Keren Membanggakan, Mahasiswa Unja Ciptakan Hilirisasi Labu Madu Tingkatkan Ekonomi Warga

Foto : ANTARA/HO-Unja

Mahasiswa Unja bersama warga Desa Pudak, Kabupaten Muaro Jambi, saat membuat produk olahan mie labu madu yang berbahan dasar labu madu, Rabu (29/11/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Jambi - Keren membanggakan, mahasiswa Universitas Jambi (Unja) menciptakan produk hasil hilirisasi komoditas buah labu madu guna meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Pudak, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

"Adapun tujuan dari program ini yaitu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dari laboratorium terpadu Universitas Jambi," kata Ketua tim mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengawal Ideologi Bangsa (PIB) Unja Muhammad Juanda di Jambi, Rabu.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini masuk dalam program inovasi desa (Pro-IDe) dengan menghasilkan produk mie labu madu atau miladu.

Miladu adalah sebuahproduk yang dihasilkan oleh mahasiswa UKM PIB Unja yang berbahan dasar campuran labu madu, mentega, telur dan tepung. Miladu ini terjamin untuk kesehatan karena tanpa menggunakan borax dan bahan lainnya.

Latar belakang terciptanya produk olahan labu madu ini dikarenakan potensi besar produksi labu madu di Desa Pudak yang masih perlu dikembangkan.

Banyaknya hasil pertanian labu madu ini harus didorong dengan hilirisasi produk agar meningkatkan nilai jual dan ekonomi masyarakat. Produk miladu ini, kata dia, telah resmi di pasarkan untuk masyarakat umum.

Dosen pembimbing Unja Heriberta mengatakan bahwa inovasi dan kreativitas mahasiswa Unja dalam menghasilkan produk turunan dari labu madu bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal.

Ia menjelaskan bahwa mahasiswa Unja siap memberikan pendampingan secara berkelanjutan kepada masyarakat setempat sehingga produk olahan labu madu ini dapat diperluas pemasarannya.

"Harapannya, produk mie labu madu yang telah dihasilkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, selain produk mie abu bisa diproduksi terus menerus dan dipasarkan secara luas," katanya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top