Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Presiden Korsel di Istana

Foto : ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Suasana pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/9).

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Irianamenyambut kedatangan Presiden Yoon yang didampingi sang istri,Kim Keon Hee, di halaman Istana Kepresidenan Jakarta.

Usai mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, Jokowi kemudian mengajakYoon beserta delegasi ke Ruang Oval Istana Kepresidenan untuk melaksanakan pertemuan bilateral.

"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan untuk Keketuaan Indonesia di ASEAN dan kunjungan yang mulia sangat bermakna, apalagi tahun ini hubungan kita genap 50 tahun," kata Jokowi.

Selain menghadiri KTT ke-43 ASEAN, kunjungan resmi Yoon bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia.

Pada pembukaan KTT ke-24 ASEAN-Korea di Jakarta, Rabu (6/9), Yoonmengatakan Korea Selatan telah meluncurkan Prakarsa Solidaritas Korea-ASEAN (KASI) pada tahun 2022.

Inisiatif tersebut menegaskan dukungan Korea Selatan terhadap sentralitas ASEAN, penguatan kerja sama strategis dalam bidang politik dan keamanan, serta penjajakan kerja sama dalam bidang infrastruktur digital dan perubahan iklim.

Prakarsa itu juga memberikan dukungan penuh Korea Selatan terhadap Pandangan ASEAN mengenai Indo-Pasifik (AOIP).

Yoonmengatakan Korea Selatan akan menyelenggarakan World Expo 2023 di Busan. Dia pun berharap negaranya bisa berbagi pengalaman dengan ASEAN mengenai bagaimana Korea Selatan bisa menjadi negara terkemuka dalam waktu setengah abad.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top