Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Investor Tiongkok Buru Asuransi Hong Kong dan Dolar

Foto : Istimewa

Koin dan uang kertas yuan dalam gambar ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

SHANGHAI - Investor Tiongkok baru-baru ini bergegas ke luar negeri untuk memburu deposito dolar dan membeli asuransi Hong Kong, sinyal kepercayaan domestik yang melemah, menyusul tekanan yang semakin berat terhadap mata uang yuan.

Dilaporkan oleh Channel News Asia, arus keluar tersebut memggambarkan kekhawatiran yang mendalam atas keadaan ekonomi Tiongkok karena pemulihan pandemi yang banyak ditunggu terhenti. Pengeluaran konsumen lesu, pasar properti dan pasar saham lesu dan uang tunai menumpuk di tabungan.

Para pialang mengatakan, pihak-pihak yang bertanggung jawab atas lonjakan dan itu tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti, yang menurut analis dapat memberikan tekanan lebih lanjut pada yuan yang sedang terhuyung-huyung di posisi terendah selama delapan bulan.

Kepemilikan Tiongkok Daratan di bawah skema baru yang memungkinkan investasi di produk kekayaan Hong Kong dan Makau meningkat lebih dari dua kali lipat sejak akhir tahun lalu menjadi 814 juta yuan atau sekitar 110 juta dolar AS. Premi baru yang terkumpul pada polis asuransi Hong Kong melonjak 2.686 persen menjadi 9,6 miliar dolar AS pada kuartal pertama 2023.

"Semakin banyak orang menyadari bahwa mereka tidak dapat menaruh telur mereka dalam satu keranjang," kata Helen Zhao, seorang broker asuransi yang sibuk membantu klien dari daratan menandatangani kesepakatan Hong Kong, mengutip friksi dan pesimisme Tiongkok-AS tentang prospek Tiongkok sebagai faktor pendorong.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Selocahyo Basoeki Utomo S
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top