Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hubungan Memanas, Peru Tarik Dubesnya dari Kolombia

Foto : agenzianova

Presiden Peru Dina Boluarte.

A   A   A   Pengaturan Font

LIMA - Peru menarik duta besarnya dari Kolombia pada Rabu (29/3). Negara itu menuduh tetangganya meremehkan upaya perebutan kekuasaan mantan presiden Pedro Castillo.

Kementerian Luar Negeri Peru mengatakan, langkah itu dilakukan setelah "gangguan berulang dan ekspresi ofensif" Presiden Kolombia Gustavo Petro, yang "memutarbalikkan fakta dengan mengabaikan bahwa pada 7 Desember 2022 sebuah kudeta terjadi di Peru yang dilakukan mantan Presiden Pedro. Castillo."

"Ekspresi campur tangan Petro yang terus-menerus telah memperburuk hubungan persahabatan, kerja sama, dan saling menghormati yang telah ada antara Peru dan Kolombia," kata pernyataan itu.

Setelah penarikan dubes, hubungan diplomatik kedua negara Amerika Selatan itu resmi berada di level kuasa usaha, menurut kementerian.

Castillo (53) telah dipenjara sejak 7 Desember. Dia ditangkap setelah berusaha membubarkan parlemen dan memerintah melalui dekrit.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top