Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hasto: Audit Kasus "Stunting" Jawab Akar Permasalahan Kesehatan

Foto : bkkbn.go.id

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo.

A   A   A   Pengaturan Font

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menyampaikan bahwa audit kasus stunting yang selama ini dilakukan hingga tingkat desa atau kelurahan mampu menjawab akar permasalahan kesehatan di dalam masyarakat.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menyampaikan bahwa audit kasusstuntingyang selama ini dilakukan hingga tingkat desa atau kelurahan mampu menjawab akar permasalahan kesehatan di dalam masyarakat.

"Ketika sukses audit kasusstunting, kita bisa menjawab dua permasalahan, yaitu bagaimana kasus-kasus secara individual itu bisa digali, penyebabnya apa bisa ditemukan, kemudian bisa mengungkap permasalahan kesehatan, jadi ada masalah kesehatan apa yang terjadi di masyarakat," kata Hasto dalam acara Kick Off Audit Kasus "Stunting" yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (16/1).

Kepala BKKBN menjelaskan setelah menemukan permasalahan kesehatan apa yang ada di suatu wilayah, selanjutnya bisa dibuat rekomendasi yang bersifat individu dan rekomendasi bersifat publik atau masyarakat, yang mencakup perbaikan yang ada di lingkungan itu.

"Mungkin masalah sanitasi atau penyakit menular yang ada di masyarakat sehingga audit kasus stunting akan memberikan dua rekomendasi tersebut, sehingga dapat ditindaklanjuti baik oleh Kementerian Kesehatan atau provider (rumah sakit)," ujar dia.

Hasto pun mengapresiasi kepada seluruh jajaran yang telah mencapai audit kasusstuntingini dengan baik, karena pada 2023 terjadi peningkatan dibandingkan dengan pada 2022.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top