Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Gerak Cepat, Pemkab Ponorogo Percepat Perekaman KTP-el Jelang Pemilu 2024

Foto : ANTARA/Iggoy el Fitra

Petugas melakukan perekaman data untuk penerbitan KTP elektronik pemula di SMKN 5 Padang, Sumatera Barat, Kamis (24/8/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Ponorogo - Gerak cepat, Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mempercepat proses perekaman atau pencatatan administrasi kependudukan KTP elektronik bagi warga yang menginjak usia 17 tahun, sejak sekarang hingga tanggal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Ada sebanyak 16.069 remaja yang akan mendapatkan KTP-el pada tahun ini," kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil PonorogoHeru Purwanto di Ponorogo, Jumat.

Data itu diperoleh berdasar catatan kelahiran remaja daerah itu pada kurun waktu 2006.

Proses perekaman ditargetkan rampung pada Oktober 2023, sedangkan sejauh ini sudah berjalan sekitar 15 persen atau mencapai empat ribu remaja.

"Sudah kita laksanakan sejak Juli lalu, dan ini terus kita kejar hingga target terpenuhi," ujar dia.

Untuk mengejar target tersebut, pihaknya juga telah memberikan undangan guna melakukan perekaman.

Perekaman KTP-el dilakukan di kantor Dispendukcapil Ponorogo serta kantor kecamatan, sesuai domisili atau kecamatan terdekat.

"Karena mayoritas pelajar kita juga sudah lakukan jemput bola ke sekolah, tapi itu malah tidak efektif peminatnya sedikit makanya kita rubah jadi undangan," ujarnya.

Selain itu, proses perekaman ini dipermudah karena pemohon hanya perlu membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan membawa surat undangannya, saat datang ke kantor Dispendukcapil atau kecamatan terdekat.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top