Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Gejala Flu Setelah Vaksinasi Covid-19 Pertanda Baik

Foto : Istimewa

Menggigil, kelelahan, sakit kepala, dan rasa tidak enak badan yang terjadi setelah vaksinasi mungkin merupakan tanda respons imun yang kuat.

A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK CITY - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan efek samping vaksinasi Covid-19 seperti menggigil, rasa kelelahan, sakit kepala, dan rasa tidak enak badan mungkin merupakan tanda-tanda respons imun yang kuat.

Dikutip dari The Straits Times, studi itu menyebutkan, orang yang mengalami efek samping setelah dosis kedua vaksin Covid-19 memiliki lebih banyak antibodi terhadap virus korona pada satu bulan dan enam bulan setelah suntikan, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki gejala.

Peningkatan suhu kulit dan detak jantung juga menandakan tingkat antibodi yang lebih tinggi.

"Kami tahu penggunaan vaksin bisa menjadi tantangan, dan dalam beberapa kasus, hal ini bisa terjadi karena beberapa orang memiliki reaksi keras terhadap vaksin tersebut," kata Aric Prather, psikolog klinis di Universitas California, San Francisco, yang memimpin penelitian tersebut.

"Harapan saya adalah hal ini benar-benar membantu meredakan beberapa kekhawatiran tersebut. Faktanya, gejala-gejala tersebut, meskipun tidak menyenangkan, sebenarnya bisa bermanfaat bagi Anda," kata Prather.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top