Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemimpin Nasional -- Pembangunan Daerah 3T Tetap Jadi Prioritas Ganjar-Mahfud MD

Ganjar: Seoptimal Mungkin Bangun IKN Pakai Kekuatan Sendiri

Foto : ANTARA/M Risyal Hidayat

Komitmen lanjutkan IKN -- Capres Ganjar Pranowo berpose dengan latar belakang pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12). Kunjungan Ganjar itu sebagai wujud komitmennya melanjutkan pembangunan IKN, apabila dirinya dan Cawapres Mahfud MD memenangkan Pilpres 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

Selain berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan IKN, Ganjar Pranowo menegaskan pembangunan IKN seoptimal mungkin menggunakan kekuatan dalam negeri.

KALIMANTAN TIMUR - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) seoptimal mungkin menggunakan kekuatan dalam negeri sendiri.

Ganjar mengatakan dalam pembangunan IKN, pemerintah bisa mengajak investor asing meskipun itu tidak wajib dilakukan. "Karena skemanya tidak tunggal, ini membangun ibu kota lho. Kalau membangun ibu kota, seoptimal mungkin kita menggunakan kekuatan sendiri," kata Ganjar saat berkunjung ke IKN di Kalimantan Timur, Kamis (7/12).

Namun demikian, lanjut Ganjar, tidak memungkinkan bila ada sektor privat yang potensial untuk diajak dalam pembangunan IKN, sekaligus menawarkan kepada para investor lain.

Menurut Ganjar, seumpama di tengah ibu kota akan dibangun ekosistem yang didukung dengan kekuatan sampai Balikpapan dan Samarinda, maka industri akan dapat berkumpul di IKN. "Apalah itu, industri yang disiapkan, finansial yang bisa disiapkan, sebenarnya banyak. Nah, pada wilayah itulah diserahkan kepada mereka, tetapi tidak akan pernah menarik kalau kemudian kita tidak bisa memberikan insentif," jelasnya.

Selain itu, keberadaan investor, karena mendukung iklim politik, dapat membuat investor dari negara sahabat membuka pembicaraan dengan timnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top