Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Energi Terbarukan di Tiongkok Lampaui 50 Persen Kapasitas Listrik

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Energi terbarukan di Tiongkok mencapai 1,45 TW atau 50 persen kapasitas listrik di negara tersebut. Tenaga surya dan angin menjadi penyumpang terbesar dengan total mencapai 970 GW.

Berdasarkan data National Energy Administration (NEA), pada akhir November, keseluruhan kapasitas pembangkit listrik di Tiongkok mencapai 2,85 TW atau 13,6 persen lebih besar dari tahun ke tahun. Energi terbarukan, seperti tenaga angin, tenaga surya, tenaga air dan biomassa serta teknologi-teknologi lainnya mencapai 1,45 TW, melampaui 50 persen untuk pertama kalinya.

Pencapaian ini telah dicapai pada pertengahan tahun, menurut media domestik, yang merujuk pada laporan yang sama. Tenaga surya mencapai 560 GW atau 49,9 persen lebih tinggi dari 12 bulan sebelumnya, artikel tersebut menambahkan. Bulan lalu, negara ini menjadi tuan rumah bagi turbin angin dengan total 410 GW. Pertumbuhan dari tahun ke tahun mencapai 17,6 persen.

"Porsi gabungan dari tenaga angin dan tenaga surya dalam konsumsi listrik di Tiongkok berada di atas 15 persen. Namun, energi terbarukan diproyeksikan hanya menyumbang kurang dari sepertiga dari konsumsi listrik Tiongkok atau 3 PWh," kata NEA, dikutip dari Balkan Green Energy News, Jumat (29/12).

Gabungan dari tenaga angin dan tenaga surya berada di atas 15 persen, Dewan Negara menunjukkan sebelumnya. Yakni, pemanfaatan kapasitas dari fasilitas-fasilitas tersebut bergantung pada kondisi cuaca, fotovoltaik hanya beroperasi di siang hari yang cerah. Outlet berita tersebut mencatat bahwa Tiongkok memproduksi 50 persen peralatan tenaga angin di dunia dan 80 persen modul tenaga surya.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top