Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Proyeksi 2024

Ekonomi RI Sulit Tumbuh 5 Persen

Foto : Sumber: BPS - KORAN JAKARTA/ONES
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Perekonomian nasional Indonesia pada 2024 diperkirakan tidak akan tumbuh di atas 5 persen karena kombinasi antara faktor internal dan eksternal yang belum menunjukkan pemulihan seperti yang diharapkan.

Peneliti senior Indef, Tauhid Ahmad, yang dihubungi di Jakarta, Selasa (6/2), mengatakan faktor internal yang menghambat terutama inflasi pangan seperti kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok seperti beras dan jagung. Begitu pula dari faktor ekternal di mana aktivitas ekspor impor belum menggembirakan.

"Apalagi pertumbuhan ekonomi dunia masih flat di kisaran 2,5-2,6 persen tidak sampai 3 persen. Belanja pemerintah juga tidak optimal. Saya perkirakan maksimal 4,9 persen," kata Tauhid.

Pemilu yang diharapkan mendorong pertumbuhan, menurut Tauhid, juga tidak terlalu mendorong pertumbuhan. Apalagi ada potensi pemilu dua putaran yang membuat investasi akan kembali terlambat karena investor akan wait and see.

Pada tahu ini juga merupakan tahun transisi kekuasaan yang membuat lelang juga akan terhambat karena periode pemerintahan saat ini hanya akan sampai Oktober 2024. Padahal biasanya lelang juga sering terlambat di akhir tahun. Karena transisi, belanja pemerintah pada tahun ini bisa diperkirakan akan banyak tertahan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top