Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemanfaatan Teknologi - Platform Udaraku Permudah Pengumpulan Data secara Komprehensif

Dunia Industri Perlu Mitigasi Kerusakan Lingkungan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pelaku industri perlu mengintegrasikan Udaraku dalam operasional kesehariannya sehingga industri dapat memberikan kontribusi nyata pada kesejahteraan masyarakat.

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen terus mendorong transformasi sektor manufaktur melalui adopsi industri hijau guna meningkatkan ketangguhan dan kesadaran lingkungan industri nasional. Langkah strategis ini juga perlu didukung dengan pemanfaatan teknologi, sejalan dengan Peta Jalan Making Indonesia 4.0.

"Optimalisasi teknologi oleh unit kerja teknis di lingkungan Kemenperin adalah salah satu cara efektif dalam berkontribusi mengatasi tantangan di sektor industri, dan akan mendukung peningkatan efisiensi, inovasi, serta daya saing industri nasional," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam acara Peresmian Fasilitas Produksi Obat Bahan Alam (House of Wellness) sekaligus launching platform Udaraku, di Jakarta, Selasa (6/2).

Menperin mengemukakan inovasi teknologi yang diterapkan tersebut perlu mempertimbangkan faktor mitigasi risiko kerusakan lingkungan sebagai bukti komitmen industri terhadap pelestarian lingkungan. Karena itu, pihaknya mengapresiasi Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri (BBSPJPPI), sebagai unit pelaksana di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI), dalam memajukan inovasi teknologi yang bermanfaat, mendukung industri dan masyarakat dalam memenuhi regulasi, serta mengurangi risiko kerusakan lingkungan.

Lebih lanjut, Menperin menyambut baik diluncurkannya inovasi platform Udaraku yang dikembangkan oleh BBSPJPPI secara berkelanjutan, dan menjadi bagian dari perangkat teknologi Adaptive Monitoring System (AiMS) yang dikomersialkan sebelumnya. Pelaku industri perlu mengintegrasikan Udaraku dalam operasional kesehariannya, sehingga industri dapat memberikan kontribusi nyata pada kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :
Transformasi Digital

Bahan Evaluasi
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top