Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konferensi Perubahan Iklim

Dunia Hanya Sisakan Waktu 6 Tahun Menutupi Kesenjangan Emisi

Foto : KARIM SAHIB/AFP

Presiden COP-28, Sultan Ahmed Al Jaber

A   A   A   Pengaturan Font

DUBAI - Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa atau Conference of the Parties sesi ke-28 (COP-28), yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai Kamis (30/11), menyita perhatian dunia. Hal itu karena menandai berakhirnya Global Stocktake, yaitu penilaian dua tahun perdana terkait kemajuan kolektif dunia menuju pencapaian tujuan Perjanjian Paris 2015.

Dalam upacara pembukaan, Sekretaris Eksekutif Perubahan Iklim PBB, Simon Stiell, mengatakan pihaknya mengambil berbagai langkah kecil dengan mengupayakan yang terbaik terhadap dampak perubahan iklim.

Simon saat menyampaikan seruan untuk transisi dari bahan bakar fosil ke energi hijau menekankan perlunya keadilan di antara negara-negara terkait hal itu.

"Kita memiliki waktu sekitar enam tahun sebelum kita menguras kemampuan planet ini untuk mengatasi emisi kita, sebelum kita melampaui ambang batas 1,5 derajat Celsius," kata Simon.

Presiden COP-28, Sultan Ahmed Al Jaber, dalam kesempatan itu mengatakan jalan baru dimulai dengan keputusan perihal Global Stocktake, sebuah keputusan ambisius yang mengoreksi arah dan mempercepat aksi menuju 2030.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top