Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Blinken Minta Tiongkok Gunakan 'Pengaruhnya' untuk Ketenangan Timur Tengah

Foto : AFP/Jacquelyn Martin

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Arab Saudi pada Jumat malam dalam tur Arab untuk mendorong ketenangan di Timur Tengah.

A   A   A   Pengaturan Font

ABU DHABI - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Sabtu (14/10) menyerukan agar Tiongkok, mitra Iran, menggunakan pengaruhnya untuk mendorong ketenangan di Timur Tengah.

Diplomat utama AS yang sedang mengunjungi Arab Saudi, melakukan panggilan telepon satu jam yang "produktif" dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller.

"Pesan kami, menurutnya adalah kepentingan kita bersama untuk menghentikan penyebaran konflik." kata Miller kepada wartawan di pesawat Blinken dari Riyadh ke Abu Dhabi.

"Dia pikir akan bermanfaat jika Tiongkok bisa menggunakan pengaruhnya."

Tiongkok memiliki hubungan yang hangat dengan Iran, yang pemimpin ulamanya mendukung Hamas, kelompok Islam Palestina yang menguasai Gaza yang melakukan serangan di wilayah Israel seminggu lalu, dan Hizbullah, kelompok militan Lebanon yang dapat membuka front kedua melawan Israel.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top