Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Biden Puji Pertemuan dengan Xi, Hubungan Militer Akan Dimulai Kembali

Foto : AFP

Biden dan Xi berjalan setelah pertemuan puncak kedua pemimpin tersebut di sela-sela Pertemuan Para Pemimpin APEC di Woodside, California, AS, 15 November 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Presiden AS Joe Biden memuji "kemajuan nyata" dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada pertemuan puncak di California, Rabu (15/11) ketika mereka sepakat untuk memulihkan komunikasi antar-militer dalam upaya meredakan ketegangan yang meningkat.

Kedua pemimpin negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu berjabat tangan dan tersenyum ketika bertemu di kawasan bersejarah dekat San Francisco untuk perundingan pertama mereka dalam setahun. Mereka mengakhiri pertemuan empat jam tersebut dengan berjalan-jalan di taman.

Namun Xi dan Biden masih berselisih paham mengenai masalah utama Taiwan, di mana Presiden Tiongkok meminta Presiden AS untuk berhenti mempersenjatai pulau itu dan mengatakan bahwa reunifikasi "tidak dapat dihentikan".

Kedua belah pihak mengumumkan sejumlah perjanjian setelah pembicaraan di Filoli Estate - tempat syuting sinetron "Dynasty" pada tahun 1980-an - dengan dimulainya kembali hotline militer tingkat tinggi.

Tiongkok memutuskan komunikasi militer-ke-militer setelah Ketua DPR saat itu, Nancy Pelosi, mengunjungi Taiwan pada 2022. Beijing mengklaim kedaulatan atas negara demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri dan tidak menutup kemungkinan akan merebutnya dengan kekerasan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top