Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Kawasan

AS Memveto Pemungutan Suara DK PBB soal Gencatan Senjata di Gaza

Foto : ANGELA WEISS/AFP

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield

A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Amerika Serikat (AS), pada hari Selasa (20/2), memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza, menuai kritik keras dari sekutunya ketika Presiden Joe Biden menghadapi tekanan yang meningkat untuk meredam dukungan kepada Israel.

Dikutip dari Yahoo News, Washington telah mengedarkan rancangan resolusi alternatifnya sendiri sebelum pemungutan suara. Berbeda dengan upaya AS sebelumnya, versi tersebut memang menampilkan kata gencatan senjata, tetapi tidak ada seruan untuk segera memberlakukannya.

Resolusi hari Selasa, yang telah diusahakan Aljazair selama tiga minggu, menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera yang harus dihormati oleh semua pihak.

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan melanjutkan pemungutan suara pada hari Selasa adalah hanya angan-angan dan tidak bertanggung jawab.

"Kami tidak dapat mendukung resolusi yang akan membahayakan perundingan sensitif," katanya, merujuk pada pembicaraan mengenai pembebasan sandera di Gaza.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top