Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

UNDP: Risiko Banjir di Pesisir Meningkat

Foto : Istimewa

Pedro Conceicao

A   A   A   Pengaturan Font

Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) pada Selasa (28/11) merilis data baru mengkhawatirkan yang mengindikasikan peningkatan risiko banjir signifikan di daerah pesisir.

NEW YORK - Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) pada Selasa (28/11) merilis data baru mengkhawatirkan yang mengindikasikan peningkatan risiko banjir signifikan di daerah pesisir.

Selama dua dekade terakhir, kenaikan permukaan air laut telah meningkatkan risiko banjir bagi 14 juta orang di daerah pesisir. Risiko ini diperkirakan akan meningkat hampir lima kali lipat pada 2100, hingga mempengaruhi hampir 73 juta orang.

Data tersebut memberikan pemetaan terperinci mengenai kerentanan banjir, menyoroti area-area tempat tinggal dan infrastruktur berisiko paling terdampak oleh kenaikan permukaan air laut. Data tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan paparan risiko banjir dua kali lipat di kota-kota pesisir pada akhir abad ini.

Wilayah-wilayah di kawasan Amerika Latin, Afrika, dan Asia tenggara menghadapi ancaman parah dari banjir permanen tersebut. Direktur Kantor Laporan Pembangunan Manusia UNDP, Pedro Conceicao, menekankan perlunya aksi darurat untuk memitigasi risiko-risiko tersebut.

"Penelitian terbaru dari UNDP dan Climate Impact Lab merupakan pengingat bagi para pengambil keputusan yang akan menghadiri COP28 bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk bertindak," ucap Conceicao. Ant/Xinhua/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top