Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tingkatkan Kualitas Masyarakat, Sekda Kaltim Ajak Generasi Muda Implementasikan Pancasila

Foto : ANTARA/Biro Adpim Pemprov Kaltim

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 oleh Badan Kesbangpol Kaltim di Halaman Kantor Gubernur Kaltim.

A   A   A   Pengaturan Font

Samarinda - Sekdaprov Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengajak generasi muda di Kaltim untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari- hari, sehingga tercipta generasi penerus bangsa unggul yang dapat membawa kemajuan bagi Indonesia menuju kehidupan yang berkualitas.

"Hari Kesaktian Pancasila, sebuah momen yang mengingatkan perjuangan para pahlawan bangsa untuk mengokohkan ideologi Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Sekda Sri Wahyuni saat memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 oleh Badan Kesbangpol Kaltim, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Ahad.

Sri Wahyuni mengucapkan syukur karena masih bisa bersilaturahmi melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yang bertema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

"Karena Pancasila bernilai universal jadi di mana saja, kapan saja kita berada tidak ada alasan tidak bisa mengimplementasikan nilai nilai pancasila," kata Sri Wahyuni.

Dia mengungkapkan Pancasila sebagai dasar negara menjadi pondasi yang kuat bagi kerukunan, persatuan, dan keadilan sosial di Negara Indonesia.

Ia mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan semua pihak akan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Pancasila telah terbukti mampu bertahan dan tidak lekang oleh waktu dan zaman, karena pesan moral dan nilai yang terkandung di dalamnya bisa mengikuti perkembangan zaman," kata Sri Wahyuni.

Oleh sebab itu, penting bagi para generasi penerus bangsa untuk bisa memahami nilai- nilai luhur yang terkandung di Pancasila, sebagai pedoman dasar dalam mengaktualisasikan perilaku di zaman yang serba modern saat ini.

"Kami berharap generasi muda tidak hanya menghapal norma-normanya, tetapi bagaimana bisa mengadaptasi nilai itu, sehingga dapat menjadi manusia Indonesia yang berkarya, berbudi luhur dan memiliki moral yang kuat di era digital," kata Sri Wahyuni.

Implementasi Pancasila, kata dia, bisa dilaksanakan oleh generasi muda dengan melakukan kegiatan positif sesuai dengan bidang masing-masing.

"Untuk pelajar, harus semangat belajar, untuk olahragawan harus banyak latihan, dan kegiatan positif lainnya demi meraih cita-cita," ujar Sri Wahyuni.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top