Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tanda Akan Erupsi, Gunung Bromo Keluarkan Asap Putih dan Kelabu

Foto : antarafoto

Kepulan asap putih dan kelabu dari kawah Gunung Bromo di Jawa Timur.

A   A   A   Pengaturan Font

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan kawah Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan asap berwarna putih dan kelabu pada Rabu (13/12) sekitar pukul 07.00 WIB.

JAWA TIMUR - Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan kawah Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur telah mengeluarkan asap berwarna putih dan kelabu pada Rabu (13/12) sekitar pukul 07.00 WIB.

Ketua Tim Kerja Gunung Api PVMBG Ahmad Basuki mengatakan bahwa asap kelabu yang keluar dari kawah gunung api umumnya merupakan tanda awal erupsi.

"(Asap) warna kelabu itu pertanda ada abu yang terbawa ke permukaan, umumnya itu gejala awal erupsi abu di suatu gunung api," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Menurut pemantauan PVMBG pada 12 Desember 2023 pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, kawah utama Gunung Bromo mengeluarkan asap putih dengan intensitas tipis hingga tebal setinggi 50 sampai 700 meter dari puncak gunung.

Selain itu, PVMBG mencatat gunung api itu mengalami satu kali gempa tremor menerus yang terekam seismograf memiliki interval 0,5 hingga 1 milimeter.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top