Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tak Ada Korban Jiwa Kebakaran Kapal Cepat di Tapin Kalsel

Foto : ANTARA/HO-Tangkapan Layar

Kondisi kapal cepat (speed boat) terbakar saat membawa 14 petugas puskesmas di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Kamis (11/1/2024).

A   A   A   Pengaturan Font

Tapin - Kapolsek Candi Laras Utara Iptu Ketut Sedimen mengatakan tidak ada korban jiwa pada kebakaran kapal cepat (speed boat) yang mengangkut 14 petugas puskesmas saat melintas di aliran Sungai Nagara, Desa Rawana Hilir, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

"Petugas Puskesmas Margasari Hilir tersebut hendak menjalankan tugas penanganan posyandu balita dan penyakit tidak menular pada lima desa di daerah tersebut," kata dia saat dikonfirmasi di Tapin, Kamis.

Dia menyebutkan penyebab kebakaran diduga akibat "overhead" dan korsleting bagian kelistrikan pada speed boat saat akan bersandar ke arah tepian sungai.

"Saat itu api kecil muncul hingga membesar tersulut bahan bakar minyak di bagian mesin," ujarnya.

Ketut menuturkan speed boat berangkat dari Dermaga Pasar Lama Margasari.

Dia mengungkapkan petugas motoris bereaksi cepatsaat api mulai berkobar, lalu para penumpang segera naik ke sandaran dan ada beberapa orang yang terjun ke sungai untuk menyelamatkan diri.

Ketut mengatakan meskipun tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, kebakaran tersebut menyebabkan kerugian materi hingga ratusan juta, di antaranya speed boat milik puskesmas, obat-obatan, perlengkapan, dan barang pribadi milik petugas.

"Jika dinominalkan, harga speedboat sekitar Rp758 juta, obat-obatan milik puskesmas sebanyak empattas senilai Rp10 juta, vaksin Rp1 juta, lima unit telepon seluler milik penumpang senilai Rp16 juta, serta barang perlengkapan lain-lain ditaksir mencapai Rp10 juta," ujarnya.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top