Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sepatu Jordan Terjual Rp32,7 Miliar

Foto : ISTIMEWA

sepatu jordan

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Ini mungkin salah satu rekor lelang sepatu terbesar. Sepasang sepatu kets yang pernah dikenakan superstar NBA Michael Jordan terjual seharga 2,2 juta dolar AS atau sekira 32,7 miliar, mencatatkan rekor harga tertinggi di perusahaan lelang Sotheby's untuk sepatu olahraga yang digunakan saat pertandingan.

"Hasil pemecahan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan memorabilia olahraga Michael Jordan terus mengungguli dan melampaui semua catatan," kata kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby's Brahm Wachter, seperti disiarkan AFP, Rabu.

Pebasket hebat itu mengenakan "Bred" Air Jordan 13 selama Game 2 Final NBA 1998 menuju gelar kejuaraan NBA keenam dan terakhirnya. Penjualan secara online tersebut memperkuat posisi Jordan sebagai atlet dengan nilai tertinggi di lelang memorabilia pakaian olahraga.

Catatan tersebut memecahkan rekornya sendiri sebesar 1,5 juta dolar AS untuk sepatu kets pada September 2021. Tahun lalu, salah satu kaosnya terjual seharga 10,1 juta dolar AS, barang lelang paling mahal untuk koleksi pakaian yang dikenakan dalam pertandingan.

Jordan mengenakan sepatu kets itu untuk paruh kedua kemenangan 93-88 Chicago Bulls atas Utah Jazz pada 5 Juni 1998. Jordan mencetak 37 poin tertinggi dalam pertandingan saat tim Bulls-nya mencatatkan seri 1-1. Final ditampilkan dalam film dokumenter ESPN/Netflix 2020 yang terkenal dengan judul "The Last Dance", tentang musim terakhir Jordan bersama tim Chicago.

Wachter mengatakan nostalgia untuk era yang berbeda mendorong popularitas memorabilia Jordan.
"Kami memiliki klien di berbagai bidang, mulai dari real estat, keuangan, hingga ekuitas swasta. Ada banyak orang yang tertarik dengan pasar yang sedang berkembang ini," kata Wachter kepada AFP.

Harga, yang termasuk biaya dan komisi, tersebut berada tepat di atas perkiraan pra-penjualan Sotheby's sebesar 2 juta dolar AS tetapi jauh di bawah perkiraan tertinggi sebesar 4 juta dolar AS. Sotheby's mengatakan Jordan telah menandatangani sepatu itu dan memberikannya kepada seorang pemungut bola setelah pertandingan.

Sotheby's tidak menjelaskan dari mana mendapatkan barang tersebut tetapi mengatakan bahwa sepatu itu didapat bukan dari penerima aslinya. Rumah lelang tersebut juga tidak menyebutkan nama pembeli sepatu berukuran 13 itu. Sepatu kets itu dikenal sebagai "Bred" karena warna hitam dan merahnya, gaya yang dikenakan Jordan sepanjang sebagian besar kariernya yang sarat trofi.

Jordan, yang sekarang berusia 60 tahun, menghabiskan sebagian besar karier bermainnya dengan Bulls -- dia memenangi keenam gelarnya. Dia keluar 2001 untuk bermain dua musim dengan Washington Wizards sebelum akhirnya pensiun.

Jordan kini memiliki klub basket Charlotte Hornets, yang berbasis di rumah masa kecilnya di Carolina Utara, dan dilaporkan masih menghasilkan jutaan royalti setiap tahun dari penjualan sepatu kets Nike Air Jordan.

Lelang tersebut bertepatan dengan perilisan film "Air" bulan ini, yang menceritakan negosiasi alot di balik kerjasama Nike dan Jordan melahirkan sepatu Air Jordan.

Penjualan jersey Jordan senilai 10,1 juta dolar AS dari Game 1 Final NBA 1998 pada September 2022 mengalahkan rekor yang dipegang oleh jersey Argentina "Tangan Tuhan" milik Diego Maradona.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top