Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sekjen PBB: Mengakhiri Bahan Bakar Fosil Satu-satunya Cara Selamatkan Bumi yang Terbakar

Foto : un.org

Sekjen PBB Antonio Guterres pada KTT iklim COP28 di UAE pada Jumat (30/11).

A   A   A   Pengaturan Font

Sekjen PBB Antonio Guterres mendesak pemimpin dunia pada KTT iklim COP28 untuk merencanakan masa depan tanpa bahan bakar fosil.

DUBAI - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak para pemimpin dunia padaKTT iklim COP28 pada Jumat (30/11) untuk merencanakan masa depan tanpa bahan bakar fosil. Tidak ada cara lain untuk mengekang pemanasan global, katanya.

"Kita tidak bisa menyelamatkan planet yang terbakar dengan selang pemadam kebakaran bahan bakar fosil," kata Guterres sehari setelah presiden COP28 Sultan Ahmed al-Jaber mengusulkan untuk terus menggunakan bahan bakar fosil.

"Batas 1,5 derajat hanya mungkin terjadi jika kita pada akhirnya berhenti membakar seluruh bahan bakar fosil. Bukan mengurangi. Bukan mengurangi," katanya, mengacu pada teknologi baru untuk menangkap dan menyimpan emisi karbon.

Kedua visi tersebut merangkum kesulitan yang dihadapi dalam KTT iklim PBB tahun ini di Uni Emirat Arab (UEA), negara penghasil minyak, dimana perpecahan mengenai bahan bakar fosil, kelambanan pendanaan, dan ketegangan geopolitik seputar perang di Gaza mengancam akan mengalihkan perhatian para delegasi dalam mencapai kemajuan.

Raja Charles III dari Inggris memohon kepada para pemimpin dunia untuk membuat kemajuan dalam agenda iklim global.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top