Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sampel Eksperimen Ilmiah Tiongkok Dibawa Kembali ke Bumi

Foto : Antara/Xinhua/Li Gang

Kapsul kembalinya pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-16 mendarat di lokasi pendaratan Dongfeng di Daerah Otonomi Mongolia Dalam, Tiongkok utara, pada 31 Oktober 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Batch kelima dari sampel eksperimen ilmiah yang dibawa dari stasiun luar angkasa Tiangong milik Tiongkok telah tiba di Beijing, menyusul kembalinya kru Shenzhou-16 pada Selasa (31/10).

Sampel dari 19 eksperimen ilmiah dengan bobot total sekitar 25 kilogram itu dibawa kembali ke Bumi, termasuk sel hati, protein dan asam nukleat, tanaman Arabidopsis, benih padi, mikroba tahan radiasi, dan beberapa bahan kimia.

Sampel-sampel tersebut telah dikirim ke Pusat Teknologi dan Rekayasa untuk Pemanfaatan Antariksa yang berada di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (Chinese Academy of Sciences/CAS).

Para ilmuwan akan melakukan eksperimen ilmu hayati dan material untuk mempelajari dampak lingkungan gravitasi mikro pada sampel-sampel ini, kata CAS.

Kapsul pembawa pulang (return capsule) dari pesawat antariksa berawak Shenzhou-16 -- yang membawa taikonaut Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao -- mendarat di situs pendaratan Dongfeng di Daerah Otonom Mongolia Dalam, Tiongkok utara, pada Selasa pagi waktu setempat.

Ketiga antariksawan itu menuntaskan misi stasiun luar angkasa selama lima bulan.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top