Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

RI dan ILO Dukung Penghapusan Eksploitasi Pekerja Perempuan

Foto : ANTARA/HO

Tangkapan layar - Diskusi daring dengan tema Dialog Sektoral: Kesetaraan Gender untuk Kerja Layak dan Adil di Pedesaan di Jakarta, Selasa (27/2).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Organisasi Buruh Internasional atau International Labour Organization (ILO) mendukung penghapusan eksploitasi pekerja perempuan sektor perkebunan kelapa sawit dan perikanan sehingga mendapat hak sama dengan pekerja laki-laki.

Perempuan merupakan kelompok yang paling rentan terhadap kondisi kerja yang tidak layak di sektor perkebunan kelapa sawit dan perikanan. Mereka masih menghadapi diskriminasi dalam hal upah, jaminan perlindungan sosial dan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta rentan terhadap pelecehan seksual.

"Pekerja perempuan juga menanggung beban terberat dari kerja perawatan yang tidak berbayar serta tanggung jawab pekerjaan rumah tangga. Karenanya, pekerja perempuan berhak untuk mendapatkan perlindungan lebih dibandingkan pekerja laki-laki," kata Direktur Bina Pemeriksaan Norma Ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan, Yuli Adiratna dalam diskusi daring dengan tema D Kesetaraan Gender untuk Kerja Layak dan Adil di Pedesaan, di Jakarta, Selasa (27/2).

Seperti dikutip dari Antara, acara ini merupakan kolaborasi antara ILO, KataData, dan Magdalene dalam memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada setiap 8 Maret. Diskusi membahas upaya pemangku kebijakan dan aktor ketenagakerjaan dalam mendorong kesetaraan gender untuk memastikan pekerjaan yang layak di pedesaan tercapai.

Kebijakan Pemerintah
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top