Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemilihan Umum I RI Bersama Pancasila Terbukti Mampu Jaga Persatuan

Pilih Pemimpin yang Hormati HAM di Pilpres 2024

Foto : ISTIMEWA

Antonius Benny Susetyo, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP

A   A   A   Pengaturan Font

Warga hendaknya memilih pemimpin yang menghormati keberagaman, hak asasi manusia, dan peduli pada mereka yang terpinggirkan.

SURABAYA - Menghadapi pemilu masyarakat sudah harus mulai bisa memperhatikan para calon pemimpin dengan melihat rekam jejak, kestabilan psikologis serta kemampuan mereka dalam berdiri bersama rakyat dan pemilih. Pilih pemimpin yang menghormati keberagaman, hak asasi manusia (HAM), dan peduli pada mereka yang terpinggirkan.

Hal itu dikatakan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, pada acara seminar dan silaturahmi persaudaraan lintas iman untuk Indonesia yang lebih baik, di DBL Arena Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (13/1).

"Kita harus bisa melihat pemimpin mana yang memiliki keutamaan, yaitu mereka yang memiliki kematangan emosi, kearifan dan kebijaksanaan, menghormati keberagaman, hak asasi manusia dan peduli pada mereka yang terpinggirkan," tandas Benny.

Menurut siaran pers yang diterima Koran Jakarta, Senin (15/1), doktor komunikasi politik tersebut mengingatkan warga harus sadar bahwa pemilu sebagai sarana demokrasi yang ideal dan benar-benar adil adalah suatu hal yang utopis. Di lapangan masyarakat menghadapi kenyataan bahwa ongkos pemilu yang mahal menjadikan hal yang seharusnya menjadi perayaan dan penghormatan terhadap demokrasi ini menjadi hal yang penuh intrik, dinamika, dan transaksi.

"Pada akhirnya kita harus kembali pada pandangan Romo Magnis tentang minus mallum atau lesser evil yang menyatakan bahwa kita harus memilih mereka yang dosanya paling sedikit dari para para calon yang ada pada pesta demokrasi yang akan diselenggarakan pada Februari 2024," kata Benny.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Muhamad Ma'rup, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top