Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pesawat NASA "Lucy" Berpapasan dengan Asteroid Pertama Saat Menuju Jupiter

Foto : AP

Gambar dari video animasi yang disediakan NASA ini menggambarkan pesawat ruang angkasa Lucy mendekati asteroid.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pesawat ruang angkasa Lucy milik NASA berpapasan dengan asteroid pertama dari 10 asteroid dalam perjalanan panjangnya menuju Jupiter, Rabu (1/11).

Pesawat ruang angkasa tersebut menukik melewati Dinkinesh berukuran sangat kecil, yang terletak sekitar 300 juta mil (480 juta km) jauhnya di sabuk asteroid utama di luar Mars. Menurut NASA, itu merupakan sapaan singkat ketika pesawat ruang angkasa Lucy meluncur dengan kecepatan 10.000 mil per jam (16.000 km/jam).

Lucy berada dalam jarak 270 mil (435 km) dari Dinkinesh, melakukan uji coba instrumen untuk mendeteksi asteroid yang lebih besar dan lebih menarik yang ada di depan. Dinkinesh, yang lebarnya hanya setengah mil (1 km), kemungkinan merupakan batuan luar angkasa terkecil dalam perjalanan Lucy.

Target utama Lucy adalah apa yang disebut Trojan, kumpulan asteroid yang belum dijelajahi di dekat Jupiter yang dianggap sebagai kapsul waktu dari awal mula tata surya. Pesawat luar angkasa itu akan melewati delapan Trojan yang diyakini berukuran 10 hingga 100 kali lebih besar dari Dinkinesh. Ia akan melewati dua asteroid terakhir pada 2033.

Hingga saat ini, Dinkinesh hanyalah "noda yang belum terselesaikan pada teleskop terbaik," kata Hal Levison, ilmuwan utama dari Southwest Research Institute, dalam sebuah pernyataan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top