Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pesawat Antariksa NASA Bawa Pulang Debu Asteroid, Ungkap Asal Mula Bumi

Foto : BBC/NASA

Pesawat ruang angkasa Osiris-Rex yang dilukis seniman, menghabiskan dua tahun memetakan Bennu sebelum mengambil sampelnya.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pesawat luar angkasa Osiris-Rex milik NASA akan meluncur ke atmosfer Bumi pada hari Minggu (24/9) dengan kecepatan lebih dari 15 kali kecepatan peluru senapan.

Ia akan membuat bola api di langit, namun pelindung panas dan parasut akan memperlambat lajunya dan membawanya mendarat dengan lembut di Gurun Barat Utah.

BBC mengatakan, kapsul tersebut membawa muatan berharga - segenggam debu yang diambil dari asteroid Bennu, batuan luar angkasa seukuran gunung yang menjanjikan pertanyaan paling mendalam: Dari mana kita berasal?

"Saat kita mendapatkan kembali asteroid Bennu seberat 250 gram (9oz) ke Bumi, kita akan melihat material yang sudah ada sebelum planet kita, bahkan mungkin beberapa butir yang sudah ada sebelum Tata Surya kita," kata Prof Dante Lauretta, peneliti utama di misi tersebut, seperti dikutip BBC.

"Kita mencoba menyatukan permulaan-permulaan kita. Bagaimana Bumi terbentuk dan mengapa bumi bisa dihuni? Dari mana lautan memperoleh air; dari mana udara di atmosfer kita berasal; dan yang paling penting, dari mana sumbernya?" molekul organik yang membentuk semua kehidupan di Bumi?"
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top