Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pertemuan Negara G20

Penduduk Miskin dan Rentan di Negara Berkembang Makin Tertekan

Foto : ISTIMEWA

ADHI CAHYA FAHADAYNA Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Brawijaya Malang - Ketimpangan ekonomi menjadi akar persoalan dari beberapa masalah, seperti kemiskinan, pengangguran, dan tingkat kriminalitas.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Penduduk miskin dan rentan di negara berkembang semakin tertekan dengan situasi perekonomian dunia. Apalagi, prospek pertumbuhan jangka menengah diperkirakan masih lemah.

Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Kelompok 20 negara ekonomi terbesar dunia (G20) dalam pertemuannya di Sao Paulo, Brasil, sepakat mengakui kalau pemulihan ekonomi lebih baik dari perkiraan, tapi prospek pertumbuhan jangka menengah masih terlihat lemah.

Situasi yang penuh tantangan tersebut memperburuk tekanan sosio-ekonomi dan lingkungan hidup yang telah ada serta memberikan dampak negatif terhadap penduduk miskin dan rentan, yang sebagian besar tinggal di negara-negara berkembang.

"Tren dan guncangan global saat ini, seperti pandemi, perubahan iklim, teknologi digital, fragmentasi, dan proteksionisme perdagangan memperparah kesenjangan dan berdampak negatif bagi negara berpendapatan rendah, terutama bagi keluarga miskin, perempuan, dan daerah tertinggal," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, di Jakarta, Jumat (1/3).

Para menteri keuangan dan gubernur bank juga menyadari risiko geopolitik akibat perang dan konflik terhadap perkembangan ekonomi dunia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top